Jumat, 14 Desember 2018

Apa Itu Yttrium

Yttrium merupakan logam lunak berwarna perak. Yttrium biasanya sebagai ion trivalen Y3+ dalam senyawanya dan sebagai besar senyawanya tidak berwarna. Sifat" dari yttrium sangat mirip dengan unsur tanah yang langka dari seri lantanida dengan demikian yttrium dikatakan sebagai salah satu unsur tanah yang langka. Yttrium merupakan unsur yang relatif labil pada udara dan sebagai hasil dari film oksida yang terbentuk pada permukaannya. Yttrium dapat terbelah halus dan dapat menyatu pada udara ketika dipanaskan. Ketika yttrium bereaksi dengan air maka akan membentuk yttrium hidroksida + gas hidrogen.

Contoh : ketika batuan dan debu dibawa dari pendaratan dibulan Apollo menunjukkan kandungan yttrium yang tinggi. Kandungan yttrium dalam sampel tanah berkisar 54-213 perjuta. Hasil ini sebanding dengan kelimpahan rata-rata 33 perjuta pada kerak bumi.

Yttrium memiliki afinitas oksigen yang sangat tinggi dengan energi farmasi bebas untuk oksida 1817 kj/mol -1 . Mungkin yang terbesar dari setiap elemen. Yttrium juga dapat melarutkan gas oksigen dalam konsentrasi yang relatif tinggi.

Yttrium sering digunakan dalam paduan untuk meningkatkan kekuatan aloi alumunium dan magnesium. Yttrium -90 merupakan isotop radioaktif yang digunakan dalam pengobatan untuk berbagai jenis Kanker dan digunakan dalam jarum medis presisi untuk memutuskan saraf yang menyebarkan rasa sakit pada sumsum tulang belakang . Yttrium -90 dihasilkan oleh pemisahan pada kemurnian tinggi dari stronsium-90,produk fisi uranium dalam reaktor nuklir.

 Yttrium oksida adalah senyawa yttrium yang paling penting yang digunakan untuk membuat YBCO superkonduktor suhu tinggi ( yttrium barium copper oksida). Zat ini akan menjadi superkonduktor pada -78 oc (dapat disimpan dalam keadaan superkonduktor yang menggunakan nitrogen cair, pada helium cair akan lebih mahal dan lebih sulit untuk ditangani.

Yttrium dipadukan dengan europium digunakan untuk menghasilkan fosfor yang memberikan warna merah pada tabung televise . Juga yttrium digunakan dalam banyak aplikasi seperti permata zirkonia kubik,monitor computer,lensa kamera dan pencahayaan hemat energy.