Jumat, 14 Desember 2018

Logam Palladium


Tahukah kamu Palladium lebih reaktif daripada logam platinum lainnya; misalnya, lebih mudah bereaksi dengan asam daripada logam platinum lainnya. Larut perlahan dalam asam nitrat untuk menghasilkan paladium nitrat, Pd (NO3)2, dan dengan asam sulfat pekat menghasilkan paladium sulfat, PdSO4 ∙ 2H2O. Palladium juga bergabung dengan sejumlah elemen non logam pada pemanasan, seperti fosfor, arsen, antimon, silikon, belerang, dan selenium. Serangkaian senyawa paladium dapat disiapkan dengan keadaan oksidasi +2; banyak senyawa di bentuk +4 dan beberapa Palladium di bentuk oksidasi 0 juga dikenal. Di antara logam transisi, paladium memiliki salah satu kecenderungan kuat untuk membentuk ikatan dengan karbon. Semua senyawa paladium mudah terurai atau direduksi menjadi logam bebas. Larutan kalium tetrachloropalladate, K2PdCl4, berfungsi sebagai detektor sensitif bagi karbon monoksida atau gas olefin karena endapan hitam logam muncul di hadapan sejumlah sangat kecil dari gas tersebut. Paladium alami terdiri dari campuran enam isotop stabil: palladium-102 (1,02 persen), paladium-104 (11,14 persen), paladium-105 (22,33 persen), paladium-106 (27,33 persen), paladium-108 (26,46 persen) , dan paladium-110 (11,72 persen).

Wooowww….. Cincin Palladium??????
Taukah kamu, tentang  benda indah yang melingkar di jemari setiap kaum hawa. Berkilau dengan warna silvernya  merupakan benda yang sangat mudah menarik para pengagumnya, apalagi jika bahan atau sumber pengolahannya di hasilkan dari alam yang murni. Ya…. Benar sekali, cincin. Namun yang ini bukan cincin biasa, alias luar biasa, bagaimana bisa? karena bahan dasar yang lebih ekstrim dari sekedar perhiasan yang terbuat dari emas dan berlian. Apakah itu? Mari kita tengok,  Cincin ini terbuat dari logam Palladium. Palladium merupakan logam putih seperti baja, tidak mudah kusam di udara, dengan kerapatan dan titik cair paling rendah di antara logam grup platina (platina dan rhodium). Sumber Palladium ditemukan oleh Wollaston pada tahun 1803 di Rusia, Amerika selatan, Etiopia, dan Australia. Palladium ditemukan dialam bergabung dengan deposit niket-tembaga. Tidak brehenti dari ditu, proses pemurnian dengan cara  pemisahan Palladium dari grup platina sangat bergantung pada bijih yang ditemukan.


Apalagi yang kita dapat ketahui dari logam Palladium ini sehingga dapat digunakan sebagai perhiasan?
Tau nggak sih… Palladium ini bersifat lunak, lembut dan bisa ditempa  pada suhu yang rendah, atau ibaratnya kita ajak jalan-jalan nih si Palladium ke kutub utara, maka kekuatan palladium akan meningkat seperti roket yang siap menembus langit abu(hehe), sehingga menjadikannya menjadi semakin keras, hal ini karena ikatan senyawa palladium semakin kuat dan rapat pada suhu rendah, seperti halnya air. Logam Palladium merupakan logam yang ideal untuk sebuah perhiasan, karena logam ini sangat mudah dibentuk, di pahat, dan cukup kuat untuk waktu yang lama dan digunakan sehari-hari. 
Cincin Palladium

Tau nggak sih sejak kapan sih Logam Palladium ini digunakan sebagai perhiasan.
Logam Palladium ini digunakan dan ditemukan sebagai perhiasan oleh para ahli-ahli logam pada tahun 1939, Woooww… sudah lama sekale. Logam Palladium ini dapat digunakan sebagai perhiasan apapun, cincin ini hanya merupakan alternatif lain dari logam emas, platinum, perak, dan titanium untuk sebuah cincin saja. Nah, bagi kamu yang baru tau nih, pasti penasaran seperti apa sih model cincinnya, sama nggak sih cincin logam Palladium dengan cincin logam emas. Pastinya nggak kalah menarik dong.. harga cincin palladium malah dibilang lebih mahal dari cincin emas. Hal ini karena cincin  logam Palladium merupakan salah satu logam yang tahan terhadap noda. Cincin palladium ini terdiri dari 95% logam murni yang artinya cincin ini tidak mengandung logam yang menyebabkan adanya noda, seperti halnya perak. Bandingkan saja dengan cincin emas putih yang membutuhkan pelapisan rhodium untuk menghindari perubahan warna cincin dalam selang waktu yang lama. Sifat kilau logam Palladium mempunyai kesamaan dengan kilau logam titanium dan emas putih, oleh karena itu, logam palladium ini sangat ideal digunakan sebagai perhiasan atau termasuk cincin yang seringkali kita pakai untuk mempercantik penampilan. Yang paling penting dalam penggunaan perhiasan adalah karena karakter kulit setiap orang berbeda-beda seperti gatal dan kemerahan pada kulit, logam Palladium memiliki sifat hypoallergenic yaitu tidak menimbulkan alergi terhadap suatu logam.

Tau nggak sih selain sebagai perhiasan logam palladium juga banyak manfaatnya yaitu :

1. Sebagai Pelapis

Tidak seperti manfaat emas putih, palladium bisa menciptakan warna putih yang sangat alami. Emas putih terdiri dari nikel, emas dan rhodium plating yang biasa digunakan untuk menutupi logam dengan kilau putih. Namun seiring pemakaian, logam tersebut akan berubah menjadi kuning. Sedangkan palladium bisa mempertahankan warna putih sehingga tidak mudah ternoda.

2. Tidak Menyebabkan Reaksi Alergi

Pemilik kulit sensitif juga sangat aman menggunakan palladium  karena tidak akan menyebabkan reaksi alergi. Untuk itulah, cincin berbahan dasar palladium banyak dipilih sebagai cincin nikah atau kebutuhan perhiasan lainnya.

3. Mengurangi Emisi

Di sekitar tahun 1990-an, palladium juga digunakan dalam konverter katalitik untuk mengurangi emisi yang dihasilkan knalpot mobil. Palladium dijadikan sebagai bahan utama sebab lebih efisien untuk menghilangkan hidrokarbon yang tidak terbakar dan sebagian lagi juga dibakar bersama bahan bakar sehingga manfaat kendaraan bermotor bisa digunakan tanpa mencemari lingkungan.

4. Untuk Peralatan Listrik

Palladium saat ini sudah sangat banyak digunakan untuk berbagai peralatan listrik seperti televisi flat screen atau layar datar, ponsel dan juga komputer. Palladium dibuat dalam bentuk kapasitor keramik multi player kecil yang sudah lebih dari 400 miliar kali dibuat untuk setiap tahunnya.

5. Sebagai Alat Kedokteran Gigi

Penggunaan palladium tidak hanya sebatas perhiasan saja namun juga digunakan dalam kedokteran gigi seperti untuk pembuatan instrumen bedah. Palladium akan dicampur bersama emas, manfaat perak dan juga tembaga yang bahkan garam palladium juga dipakai dalam elektriolating.

6. Cracking Minyak Bumi

Dalam bentuk halus seperti yang ada pada palladium karbon, palladium ini bisa membentuk sebuah katalis serbaguna sekaligus mempercepat reaksi dehidrogenasi dan juga hidrogenasi seperti yang ada dalam cracking minyak bumi. Sebagian besar reaksi pembentukan ikatan karbon tersebut dalam minyak organik akan dikatalisis dengan senyawa palladium.

7. Untuk Bahan Pelapis

Palladium juga sering digunakan dalam bidang elektronika yakni fabrikasi kapasitor keramik multilapisan yang akan menggunakan palladium tersebut untuk elektrode. Palladium yang terkadang dipadukan bersama manfaat nikel juga digunakan untuk menyepuh konektor dalam beberapa produk elektronik dan juga sebagai bahan solder.

8. Untuk Mengoksidasi Karbon Monoksida

Hidrogen sangat mudah berdifusi dengan palladium yang sudah dipanaskan dimana ada lebih dari 8 manfaat hidrogen bagi kebutuhan sehari hari. Untuk itu palladium bisa digunakan untuk memurnikan gas. Reaktor membran pada palladium akan dipakai dalam produksi hidrogen dengan kemurnian tinggi dan juga menjadi bagian dari elektrode palladium hidrogen dalam studi elektrokimia sekaligus untuk mengoksidasi karbon monoksida dalam jumlah yang besar sehingga dipakai sebagai detektor karbon monoksida.

9. Untuk Bidang Fotografi

Palladium atau garam platina juga akan digunakan dalam bidang fotografi yakni ketika proses percetakan platinotype untuk membuat cetakan hitam putih yang artistik. Selain itu, palladium juga sering digunakan pada platina untuk menyajikan alternatif perak.

Nah, cukup sekilas adalah penjelasan tentang Cincin Palladium, semoga bermanfaat dan banyak ilmu yang didapat. Aamiin……
Terima kasih.

DAFTAR PUSTAKA
Iwantono, dkk. Penumbuhan nano partikel Palladium untuk meningkatkan sifat listrik dan elektrokimia pellet karbon superkapasitor. Jurusan Fisika Universitas Riau.
Zulkarnain. 2015. Tembaga perak dan perak platinum. Https//wordpress.com