Jumat, 14 Desember 2018

Pengaruh Scandium Terhadap Kesehatan dan Lingkungan

Buangan elektronik berpengaruh bagi lingkungan ? Masak sih ? Berbahaya nggak tuh ?

Wah ternyata bahan kimia gak hanya terdapat dalam makanan dan produk kecantikan saja lhoo..Televisi sebagai alat elektronik ternyata juga mengandung bahan kimia. Pasti kalian bertanya-tanya kan bahan kimia apa sih yang ada di televisi ? berbahaya nggak sih ? uuhh serem juga ya kalo berbahaya.. Baiklah biar temen-temen semua nggak penasaran saya akan berbagi sedikit pengetahuan mengenai bahan kimia berupa scandium yang terdapat pada televisi.

Scandium itu apa sih ?

Sebagai mahasiswa kimia tentunya nama scandium sudah tidak asing lagi dong ditelinga kita. Ya tentunya, kita sering mendengar nama itu ketika mengikuti perkuliahan terutama dibidang kimia unsur. Namun bagi mereka yang tidak belajar tentang kimia akan bertanya-tanya apa itu scandium ? Seperti apa itu scandium ? dimana sisi menariknya belajar scandium ? Nah, disini saya akan mengajak teman-teman yang belum mengenal  jauh scandium untuk memperluas wawasannya dengan sebuah artikel yang akan saya tulis di bawah ini.

Perlu teman-teman ketahui bahwa scandium merupakan salah satu logam transisi yang lembut dengan warnanya yang putih keperakan. Bisa dibayangin kan ? Beberapa orang mengatakan logam ini hampir mirip dengan tanah. Namun, logam ini sangat langka ditemukan dialam, biasanya terdapat dalam bijih Thortveitire yang merupakan sumber utama dari unsur ini. Jadi untuk memperoleh logam ini harus melalui proses ekstraksi terlebih dahulu dengan senyawa logam yang lain, misalnya pada pemurnian senyawa uranium sehingga dari hasil ekstraksi tersebut akan diperoleh hasil produksi berupa scandium. 

Gambar Scandium kaya gini nih guys.

Apa saja manfaat dari unsur scandium ?

Meskipun karena keberadaannya yang sangat langka, logam ini mempunyai beberapa kegunaan lho bagi kehidupan sehari-hari manusia. Misalnya saja pada perkakas televisi warna, lampu neon, lampu hemat energi dan kacamata. Tanpa kita sadari, ternyata perkakas yang berada disekitar kita juga mengandung logam ini. Selain itu, aplikasi utama skandium adalah untuk membuat paduan aluminium-skandium yang digunakan oleh industri kedirgantaraan dan peralatan olahraga (sepeda, tongkat bisbol, dll) yang membutuhkan material kinerja tinggi.

Apakan Scandium Bermanfaat Bagi Kesehatan ?

Selain kita harus tau apa saja kegunaan logam ini, kita juga harus perlu tau apakah logam ini berpengaruh baik atau buruk bagi kesehatan . Untuk itu, saya akan berbagi pengetahuan kepada teman-teman semua tentang pengaruh logam scandium ini bagi kesehatan kita. Meskipun telah memiliki banyak kegunaan bagi kehidupan sehari-hari manusia, kita juga harus tau apakah logam ini juga berbahaya bagi tubuh kita atau nggak.  Karena sehat itu penting lho teman-teman. Berdasarkan sumber-sumber yang sudah saya baca, unsur scandium ini tidak beracun, meskipun terdapat dugaan bahwa beberapa senyawanya mungkin bersifat karsinogenik. Namun, paparan gas dan uap scandium di tempat kerja bisa menjadi berbahaya lho.. menghirup scandium dapat menyebabkan emboli paru-paru, terutama akibat paparan jangka panjang. Selain itu, scandium juga bisa menjadi ancaman bagi hati ketika terakumulasi dalam tubuh manusia. Jadi teman-teman sudah bisa mengantisipasi ya jika terdapat uap senyawa ini, agar tubuh kita tetap sehat terhindar dari penyakit.

Selain berpengaruh bagi kesehatan, Apakah Scandium berpengaruh bagi Lingkungan ?

Kita sudah tau bagaimana pengaruh scandium terhadap kesehatan, kali ini saya akan  membahas tentang pengaruh scandium bagi lingkungan sekitar. Selain memperhatikan kesehatan diri kita, lingkungan sekitar juga perlu kita perhatikan guna terciptanya lingkungan yang sehat bagi sesama. Bukan begitu ?.. Nah, mari kita bahas tuntas pengaruh scandium bagi lingkungan. Perlu kita ketahui biasanya industri pengolahan minyak membuang scandium ke lingkungan. Unsur ini juga dapat memasuki lingkungan dari berbagai perkakas rumah tangga (misal: TV) yang dibuang. Skandium akan secara bertahap terakumulasi dalam tanah dan air hingga berpotensi meningkatkan konsentrasinya pada manusia, hewan, dan partikel tanah. Pada hewan air, skandium menyebabkan kerusakan membran sel serta memiliki pengaruh negatif pada sistem reproduksi dan sistem saraf. Untuk itu, kita tidak boleh sembarangan membuang unsur ini ke lingkungan karena akan berbahaya bagi makluk hidup lain. Jadi kita sebagai makhluk sempurna harus bisa menegakkan kepedulian terhadap sesama ya guys …
Demikian pembahasan saya tentang unsur scandium. Semoga penjelasan ini dapat melengkapi pengetahuan teman-teman tentang unsur ini  .

Daftar Pustaka :