Kamis, 05 April 2018

TERMODINAMIKA PENCAMPURAN

 TERMODINAMIKA PENCAMPURAN


            Termodinamika pencampuran dapat digambarkan dengan meletakkan dua gas sempurna ke dalam suatu wadah. Percampuran dua gas sempurna ini spontan, maka berhubungan dengan penurunan nilai G.
Ø  Fungsi Gibbs Percampuran
Ketika  dua gas sempurna diletakkan ke dalam dua wadah, nilai potensial kimia dari kedua gas tersebut yaitu murni. Jumlah dari kedua gas sempurna tersebut adalah nA dan keduanya berada pada temperatur (T) dan tekanan (p) tertentu. Fungsi Gibbs total dapat dinyatakan :
Setelah kedua gas tersebut bercampur, masing-masing gas akan memberikan tekanan parsial p sehingga fungsi Gibbs total dapat dinyatakan :
Nilai  yaitu selisih dari Gf dan Gi sehingga didapatkan persamaan :

  

            Menurut Hukum Dalton menuliskan PJ/P = xJ dan mengganti nJ dengan xJ, menghasilkan persamaan :

Nilai akan bernilai negatif atau  yang artinya reaksi berjalan spontan ini dikarenakan fraksi mol tidak lebih dari 1.

Ø  Fungsi Pencampuran Termodinamik yang Lain
            Berdasarkan entropi pencampuran gas sempurna juga dapat dicari. Dari rumus dengan tekanan (p) dan fraksi mol (n)  konstan, maka didapatkan persamaan untuk entropi campuran gas sempurna yaitu :
 
 

                Untuk mengetahui nilai entalpi pencampuran dua gas sempurna dapat diketahui dari rumus . Dari persamaan dan  didapatkan : 

 

 
Berdasarkan persamaan diatas didapatkan nilai entalpi pencampuran yaitu 0, hasil tersebut dikarenakan tidak ada interaksi antar partikel-partikelnya. Jadi, faktor utama yang mendukung pencampuran seluruhnya berasal dari entropi sistem, dikarenakan entalpi pencampuran bernilai 0 maka entropi pada lingkungan tidak berubah. Begitu juga dengan perubahan volume juga bernilai 0 dengan menggunakan . Pada gas sempurna tidak tergantung pada tekanan. Karena perubahan volume bernilai 0 maka tidak terjadi entalpi pencampuran dan perubahan volume sehingga energi dalam pencampuran juga bernilai 0 pada tekanan tetap, dirumuskan dengan 




DAFTAR PUSTAKA

Atkins, P.W. 1993. Kimia Fisika Jilid 1 Edisi Keempat. Jakarta : Erlangga
Fatimah, Is. 2015. Kimia Fisika. Yogyakarta : Deepublish


Nama : Chintya Permatasari
NIM    : 16630057
Kelas   : Kimia B