Kamis, 05 April 2018

FUNGSI GIBBS MOLAR PARSIAL

            Fungsi Gibbs molar parsial merupakan salah satu bagian dari kuantitas molar parsial. Fungsi Gibbs molar parsial ini lebih sering disebut sebagai potensial kimia. Potensial kimia di sini bisa dijadikan sebagai acuan untuk memperkirakan reaksi kimia dan perubahan fasa yang terjadi. Potensial kimia dapat ditentukan melalui persamaan berikut:
Dengan demikian maka fungsi Gibbs total campurannya adalah


Persamaan Gibbs-Duhem
Persamaan fungsi Gibbs total campuran di atas dapat didiferensiasi menjadi
Karena fungsi Gibbs di sini berlaku pada tekanan dan temperatur konstan, maka fungsi Gibbs (dG) tersebut bernilai 0, begitu juga dengan perubahan mol (dni) juga berniali 0. Sehingga berlaku persamaan Gibbs-Duhem sebagai berikut:
Persamaan di atas menunjukkan bahwa potensial kimia campuran tidak bisa secara bebas diubah-ubah. Dalam campuran biner, jika terjadi penambahan pada satu komponen, maka komponen lainnya akan berkurang. Hal ini berlaku untuk semua kuantitas molar parsial. Untuk membuktikan pernyataan tersebut, kita analogkan persamaan Gibbs-Duhem dengan volume molar, jadi didapatkan persamaan sebagai berikut:

Pada campuran biner, terjadi persamaan sebagai berikut:

sehingga,

Maka dari itu, apabila satu volume molar parsial bertambah (dVB > 0), maka volume parsial yang lain harus berkurang (dVA < 0).

DAFTAR PUSTAKA
Atkins, P.W. 1990. Kimia Fisika Jilid 1 Edisi Keempat. Jakarta: Erlangga
Denbigh, Kenneth. 2009. Prinsip-prinsip Keseimbangan Kimia Edisi Keempat. Jakarta: UI-Press
Dogra, S.K. 1990. Kimia Fisik dan Soal-soal. Jakarta. UI-Press