Rabu, 19 Desember 2018

Apa Itu Talium


Thalium

Thalium merupakan unsur kimia dengan lambang unsur Tl yang memiliki nomor atom 81 pada unsur golongan B. Thalium adalah logam lembut yang dapat dipotong dengan pisau  dan berwarna abu-abu. Thalium termasuk dalam golongan logam miskin. Logam Thalium memiliki penampakan yang berkilau akan tetapi ketika bersentuhan dengan udara lapisan paling luar akan bereaksi membentuk oksida. Sedangkan ketika bersentuhan dengan air akan bereaksi membentuk Thalium Hidroksida.

Unsur thalium dan senyawanya bersifat racun dan penangannya harus hati – hati. Thalium dapat menyebabkan kanker. Bebrapa sifat fisikanya ialah;
Titik Leleh : 577 K (304 ℃)
Titik Didih : 1746 K (1473 ℃)
Kalor Pelebura : 4,14 kj/mol-1
Kalor Penguapan : 165 kj/mol-1
Logam thalium diperoleh sebagai produk pada produksi asam belerang dengan pembakaran pyrite dan juga pada peleburan timbal dan biji besi. Walaupun logam thalium agak melimpah pada kulit bumi  pada taksiran konsentrasi 0,7 mg/kg, kebanyakan padagabungan mineral potasium pada tanah liat, tanah dan granit. Sumber utama thalium ditemukan pada tembaga, timbal, seng dan biji sulfuida lainnya. Logam thalium ditemukan pada mineral crookesite TlCu7Se4, hutchinsonite TlPbAs5S9 dan lorandite TlAsS2. Loam ini juga dapat ditemukan pada pyrite.
Fungsi dari unsur thalium sendiri dapat digunakan sebagai bahan semikonduktor pada selenium, digunakan sebagai dopant (meningkatkan) kristal natrium iodida pada paralatan deteksi radasi gamma sperti pada kilauan alat pendeteksi barang pada mesin hitung di supermarket, dan banyak lagi. Unsur thalium merupakan logam yang sering dipakai pada industri.